Elaborasi Pemahaman
Anneke De Resta bertanya :
Apa tantangan terbesar dalam mengajarkan CT kepada siswa yang tidak terbiasa berpikir sistematis dan algoritmis?
Ivo Apristi menjawab :
Mengajarkan Computational Thinking (CT) kepada siswa yang belum terbiasa berpikir sistematis dan algoritmis bisa menjadi tantangan besar. Beberapa tantangan utama yang mungkin dihadapi adalah Kesulitan dalam Memahami Konsep Dasar, Kurangnya Keterampilan Logika, Keterbatasan dalam Pengalaman Praktis, Kurangnya Motivasi atau Ketertarikan, Ketidakmampuan untuk Menerjemahkan Masalah dalam Bentuk Algoritma.
Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, beberapa pendekatan bisa digunakan, seperti:
- Menggunakan contoh dan latihan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa untuk menunjukkan aplikasi CT.
- Mengadopsi pendekatan yang lebih visual dan interaktif, seperti penggunaan permainan dan simulasi untuk mengilustrasikan konsep-konsep CT.
- Mengajarkan keterampilan logika dan pemecahan masalah secara bertahap dan memberikan banyak latihan praktis.
- Mendorong kolaborasi dan diskusi kelompok untuk membantu siswa memahami dan menerapkan konsep dengan cara yang lebih mendalam.
Dengan pendekatan yang tepat dan kesabaran, siswa dapat mulai mengembangkan keterampilan berpikir sistematis dan algoritmis yang diperlukan dalam Computational Thinking.

0 Comments