Mulai dari Diri
Lingkaran Emas Pribadi
NAMA : IVO APRISTI
ASAL KABUPATEN : BENGKALIS
PROVINSI : RIAU
Why:
Motivasi pertama saya untuk menjadi seorang guru adalah seorang guru di sekolah saya yang pernah saya temui. Ia memiliki karakter yang sangat baik untuk diteladani, selalu memotivasi saya untuk giat belajar hingga meraih cita-cita, dan beliau selalu dengan ikhlas dan sabar mendidik saya dan teman-teman di sekolah hingga kami semua sangat menantikan kehadiran beliau setiap harinya. Beliau adalah role model yang sangat saya idamkan bila nantinya saya diizinkan untuk menjadi guru. Saya sangat ingin menjadi seperti beliau, seorang guru yang disenangi serta memberi pengaruh yang luar biasa bagi murid-muridnya.
Motivasi kedua saya adalah saya sangat menyukai matematika sejak kecil. Hal ini dikarenakan kedua orang tua saya sudah melatih kemampuan berhitung saya sejak saya sebelum menyentuh jenjang pendidikan di sekolah. Namun, banyak teman-teman saya yang tidak menyukainya. Saya sering membantu teman-teman saya untuk memahami mata pelajaran matematika di sekolah. Hal ini yang menjadi motivasi saya untuk menjadi seorang guru, agar nantinya saya dapat mengajarkan matematika kepada anak murid saya hingga ia menjadikan matematika sebagai salah satu mata pelajaran favoritnya. Menyukai adalah langkah awal untuk memahami, maka saya ingin menumbuhkan rasa cinta itu terlebih dahulu agar perlahan-lahan anak-anak dapat belajar matematika bukan dari keterpaksaan, melainkan atas keinginan dirinya sendiri.
Motivasi ketiga saya adalah orang tua saya. Mereka adalah orang yang berada di barisan terdepan untuk mendukung saya dalam hal apa saja, karena mereka mengatakan bahwa menjadi guru bukan hanya mendidik dan mengajarkan murid, tetapi juga sebagai ladang amal pahala di dunia karena guru merupakan pekerjaan yang mulia dalam menata calon generasi penerus bangsa.
Hal yang saya lakukan untuk menjadi seorang guru adalah yang pertama menempuh pendidikan tinggi di universitas dengan mengambil jurusan keguruan agar saya dapat belajar banyak hal mengenai dunia kependidikan sebelum terjun ke lapangan menjadi seorang guru. Setelah menempuh perguruan tinggi, saya ingin melanjutkan proses belajar saya dengan mengikuti program profesi guru yang ditaja oleh Kemendikbud ini, agar ilmu yang akan saya dapatkan nantinya bisa bermanfaat dan bisa saya pergunakan dalam mengabdi sebagai seorang guru di kemudian hari.
How:
Strategi saya dalam mengidentifikasi hal yang perlu ditingkatkan adalah dengan melakukan observasi terhadap sekitar, menerima kritik dan saran, memantau arus perkembangan teknologi, serta memperhatikan dengan cermat dan teliti hal apa saja yang sekiranya dapat ditingkatkan atau dikembangkan dalam pembaharuan yang akan selalu ada seiring berjalannya waktu. Saya merasa perlu meningkatkan/mengembangkan area tersebut dikarenakan tuntutan arus globalisasi, perkembangan teknologi digital yang akan selalu berkembang, dan menuntut kita sebagai calon seorang guru untuk mampu meningkatkan/mengembangkan kapasitas serta kualitas diri dalam hal keterampilan memanfaatkan teknologi bersama peserta didik, sehingga terciptanya kolaborasi yang baik antara guru dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.
What:
Tindakan yang saya lakukan untuk mengembangkan diri saya sebagai calon seorang guru adalah mempelajari sesuatu hal baru, baik secara otodidak/mandiri maupun bersama orang-orang yang sesuai bidangnya tentang hal-hal yang belum saya kuasai, atau tentang hal yang dapat menantang diri saya sesuai dengan kebutuhan dalam suatu perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat.
Cara di luar kebiasaan saya, atau cara yang berbeda yang saya lakukan untuk mengembangkan diri saya adalah dengan cara tekun dan konsisten dalam mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru secara mandiri dan menuntut diri ini untuk menjadi lebih kreatif dari biasanya, lebih maju dari segi perencanaan ke depan, serta memiliki pemikiran-pemikiran yang unik dan berbeda untuk menjadi diri yang memiliki value yang berharga, bagaikan emas yang tertimbun di dalam tanah. Walaupun tidak terlihat secara fisik, namun emas dapat dideteksi menggunakan alatnya tersendiri.
Contohnya, spesifik yang saya lakukan dalam mengembangkan diri saya adalah dengan melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya, yaitu keguruan. Namun tantangan yang saya maksud yang di luar kapasitas diri saya adalah melamar di lembaga bimbel olimpiade. Hal ini menuntut saya untuk meng-upgrade diri saya melalui platform online secara mandiri dengan mempelajari materi-materi olimpiade yang tergolong sulit. Selain itu, saya juga melatih diri saya untuk menjadi orang yang rutin dan tekun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah secara rutin membahas soal-soal dengan berbagai tingkat kesulitan.
Contoh spesifik lainnya adalah saya mengembangkan diri saya dengan menggunakan variasi metode pembelajaran dalam mengajar, sehingga dibutuhkannya beberapa inovasi seperti media pembelajaran interaktif yang saya gunakan dalam proses belajar. Karena jujur, matematika ini sangat sulit untuk mentransfer visualisasi seorang guru kepada murid terhadap suatu bentuk-bentuk, misalnya pada materi bangun ruang, vektor, atau yang berkaitan dengan dimensi tiga.
Waktu konkrit yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri sebagai calon guru adalah 1 tahun dalam belajar melalui program pemerintah, yaitu program profesi guru.
0 Comments