Nama/NIM : Ivo Apristi Jenjang/mata Pelajaran yang diampu : Matematika Judul Soal : Memindahkan Dadu |
No | Pertanyaan | Jawaban |
1 | Tuliskan solusi untuk masing-masing soal | SD : 5 SMP : 3 SMA : 4 |
2 | Tulis langkah berpikir anda hingga mendapat Solusi dari masing-masing soal ! Jika anda menggunakan lebih dari 1 cara berpikir, tuliskan pada jenjang mana anda menggunakan cara berpikir tersebut! | - Mengamati posisi awal semua sisi dadu
- Mengurangi kompleksitasnya dengan mengamati 3 sisi saja, karena 3 sisi yang lainnya bisa ditentukanberdasarkan sisi yang berlawanan dengannya.
- Mencatat posisi awal dadu dengan sisi 3, 5, dan 6.
- Kita terus mengamati posisi ketiga sisi ini saat dadu bergulir, selangkah demi selangkah sampai ke petak terakhir.
- Buatlah tabel seperti berikut agar mengetahui pergerakan dadu hingga petak terakhir.

- Buatlah kesimpulan dari hasil jawaban terkait sisi yang berada di atas, yaitu:
Jenjang SD: titik 5 berada di atas Jenjang SMP: titik 3 berada di sebelah atas Jenjang SMA: titik 4 berada di atas, karena posisi 3 berada di bawah dan berlawanan.
|
3 | Identifikasi 4 pondasi CT yang Anda gunakan dalam menyelesaikan persoalan ini! | - Dekomposisi: persoalan ini dapat dibagi menjadi jalan maju, mundur, kiri, kanan. Mengamati posisi dadu saat bergerak.
- Pengenalan pola: Anda perlu mengenali pola perubahan dadu dalam 1 putaran untuk dapat menemukan urutan angka yang sesuai. 1) Mengamati setiap titik pada sisi dadu. Sisi 1 berlawanan dengan 6; 2 berlawanan dengan 5; 3 berlawanan dengan 4). Lalu pengenalan pola jika gulir mundur, jika gulir ke kanan, berapa kotaknya.
- Abstraksi: 1) saat memutar dadu, siswa dapat menghilangkan atau mengabaikan sisi yang berada di bawah dadu; 2) untuk siswa SMP dan SMA tidak perlu mengawali dengan Langkah awal, langsung melanjutkan dari pola yang ada
- Algoritma: untuk menemukan solusi dari persoalan ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah : 1) memperhatikan posisi mata dadu; 2) memuat dadu sesuai dengan jalan yang disediakan; 3) mengamati angka mata dadu yang berada di atas kiri dan kanan pada setiap langkah; 4) membuat Kesimpulan akhir mata dadu yang berada di atas pada titik akhir berwarna hijau.
|
4 | Ada kah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang mengimplementasikan konsep yang ada pada soal ini! | Ketika merencanakan rute perjalanan, kita dapat membayangkan setiap belokan atau perubahan arah sebagai 'memutar' sebuah objek. Kita perlu memperhitungkan bagaimana posisi kendaraan atau pejalan kaki berubah seiring dengan belokan, mirip dengan bagaimana sisi dadu berubah saat diputar. |
5 | Tuliskan perbedaan kompleksitas persoalan pada masing-masing jenjang yang terdapat pada soal ini! | SD: Memfokuskan pada pengamatan langsung dan pemahaman dasar (sisi yang terlihat). SMP: Memperkenalkan logika dan pola dalam perubahan posisi (angka di atas setelah beberapa putaran). SMA: Mengembangkan analisis kritis dan pemodelan matematis (rumus untuk n kali putaran). |
0 Comments