CT 2 : Aksi Nyata

 

Aksi Nyata


Soal 1 : 
Tuangkan hasil refleksi pada kolom dibawah.
Your answer:

1. Penerapan soal Bebras dalam kehidupan sehari-hari mungkin terasa menantang pada awalnya, tetapi sebenarnya ada banyak contoh yang relevan. Soal Bebras berfokus pada kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah, yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Berikut beberapa contohnya:

  1. Pemecahan Masalah Sehari-hari: Menggunakan logika untuk memecahkan masalah sehari-hari, seperti merencanakan jadwal kegiatan atau mengatur anggaran belanja.

  2. Penerapan Teknologi: Memahami cara kerja perangkat teknologi, seperti cara memilih aplikasi yang tepat untuk kebutuhan tertentu, bisa melibatkan berpikir algoritmis.

  3. Permainan dan Aktivitas: Banyak permainan, baik yang berbasis papan maupun digital, yang melibatkan strategi dan logika. Ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk melatih kemampuan berpikir.

  4. Analisis Data: Dalam konteks pekerjaan atau sekolah, menganalisis data, seperti hasil survei atau statistik, juga merupakan penerapan logika dan pemecahan masalah.

  5. Kegiatan Ekstrakurikuler: Kegiatan seperti robotika atau coding yang memerlukan pemrograman dan logika dapat menjadi cara efektif untuk menerapkan prinsip-prinsip dari soal Bebras.

2. Mempelajari topik Computational Thinking (CT) melalui soal Bebras dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam cara berpikir, seperti:

  1. Mempelajari CT mengajarkan untuk mendekati masalah secara terstruktur, memecah masalah kompleks menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

  2. Dengan berlatih soal Bebras, seseorang dapat meningkatkan keterampilan analitis dan logika, yang membantu dalam mengevaluasi informasi dan mengambil keputusan yang lebih baik.

  3. Mempelajari cara merumuskan algoritma untuk menyelesaikan masalah dapat mengubah cara seseorang melihat masalah sehari-hari, mendorong untuk berpikir lebih efisien.

  4. Menghadapi berbagai jenis masalah dalam soal Bebras bisa melatih untuk lebih adaptif dalam mencari solusi alternatif ketika menghadapi tantangan.

  5. Penerapan CT sering kali mendorong kerja sama dengan orang lain, sehingga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi.


Soal 2 :

Rancangan aktivitas soal bebras:

Kode Soal : 2019-LT-06

Peralatan : Karton lebar untuk mewakili pulau semut, dan kayu/penggaris untuk pengganti rute

Aktivitas :

  1. Guru akan menyiapkan pulau di lantai kelas menggunakan karton lebar

  2. Setiap karton mewakili pulau, dan penggaris mewakili rute

  3. Guru memilih N siswa untuk berperan sebagai "semut" yang bergerak berdasarkan prosedur

  4. Tugas robot adalah menemukan rute tercepat atau jumlah terbanyak di pulau terakhir sesuai aturan yang diberikan.

Parameter untuk Meningkatkan Kompleksitas:


No

Parameter

Nilai Parameter

Kenaikan kompleksitas persoalan

SD

SMP

SMA


1


Jumlah semut


3 semut


6 semut


10 semut

Semakin banyak semut, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke lokasi tujuan semut



2



Batas waktu



5 menit



4 menit



3 menit

Semakin berkurang waktu tempuh, maka siswa menjadi harus lebih cepat menemukan jalur optimal agar mencapai tujuan dalam waktu yang terbatas.




3



Rute jaringan



2 jalur tanpa persimpangan



3 jalur tanpa persimpangan



3 jalur dan 1 persimpangan

Menambahkan rute tambahan, siswa menjadi harus beradaptasi dengan perubahan kondisi hitungan rute yang beragam, sehingga harus memikirkan strategi yang lebih fleksibel



4


Kapasitas batang kayu



7 batang kayu


10 batang kayu


14 batang kayu

Menambah banyaknya jalan berarti menambah Tingkat kesulitan karena siswa harus memilih jalan berdasarkan kapasitas selain waktu tempuh.

 



Contoh rute untuk tingkat SD:


Contoh rute untuk tingkat SMP:


Post a Comment

0 Comments