|
Mata Pelajaran |
Matematika Wajib |
|
Kelas |
12 IPA |
|
Fase |
F |
|
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase F, peserta
didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan
anuitas. Mereka dapat menyatakan data dalam bentuk matriks, dan menentukan
fungsi invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan
situasi dunia nyata. Mereka dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan
menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan
masalah. Mereka juga dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk
data bivariat dan mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik dapat
mengintepretasi penyajian data dalam bentuk distribusi frekuensi, ukuran
pemusatan, letak serta ukuran data tunggal dan berkelompok |
|
Materi Ajar (Topik) |
Statistika |
|
Jenis Asesmen |
Sumatif |
|
Bentuk Asesmen |
Soal Tertulis |
|
Bagian mana dalam asesmen
tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta
didik? Jelaskan! |
Bagian asesmen yang sesuai
dengan tahapan perkembangan peserta didik adalah "Peserta didik dapat
menginterpretasi penyajian data dalam bentuk distribusi frekuensi, ukuran
pemusatan, letak serta ukuran data tunggal dan berkelompok." |
|
Bagian mana dalam asesmen
tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek
lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan! |
Aspek ini tercermin dari
soal asesmen dibuat berdasarkan konteks dunia nyata yang relevan dengan
kehidupan sehari-hari siswa. Soal tersebut mencantumkan contoh data yang
terkait dengan kebiasaan siswa di sekitar SMAN 2 Bangkinang Kota, seperti
data infak ketika ada saudara, keluarga, atau bagian dari guru dan siswa di
sekolah tersebut yang mengalami kemalangan. Pendekatan ini membantu siswa memahami
relevansi matematika dengan lingkungan mereka. |
|
Bagian mana dalam asesmen
tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik?
Jelaskan! |
Materi seperti ukuran
pemusatan, distribusi frekuensi, dan data kelompok merupakan topik yang
sesuai dengan kemampuan siswa kelas 12 IPA. Penyajian data statistik, yang
melibatkan analisis dan evaluasi, juga mendukung pengembangan kemampuan
berpikir kritis dan logis siswa, sesuai dengan tuntutan kurikulum. Soal
dibuat dengan tingkat kesulitan yang bervariasi (mudah, sedang, sulit), ini
mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa. |
|
Bagian mana dari asesmen
tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi
peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka? |
Asesmen ini belum
menunjukkan secara eksplisit ruang bagi siswa untuk memberikan umpan balik
terhadap proses pembelajaran. Ruang ini dapat ditambahkan, misalnya, dengan
menyertakan pertanyaan reflektif setelah asesmen, seperti:
Dengan cara ini, guru dapat
memahami kesulitan siswa dan memperbaiki metode pembelajaran. |
|
Jika Anda menjadi guru di
kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan
efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik,
lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik?
Tuliskan pendapatmu secara lengkap! |
Jika menjadi guru, langkah
berikut dapat diambil untuk meningkatkan efektivitas asesmen:
|
0 Comments